PROFIL PERUSAHAAN

A. Deskripsi Umum Perusahaan

Nama Perusahaan      : Restoran Fanytasya
Tanggal Berdiri          : 15 Oktober 2016
Alamat Perusahaan     : Ds. Botolambat Kec. Kandeman Kab. Batang 51252
Jenis Perusahaan        : Perusahaan Makanan
Jumlah Karyawan      : 45 Orang
Produk                      : Makanan dan Minuman
Email                         : fanyoctafiaindriani@gmail.com

B. Riwayat Perusahaan

Restoran Fanytasya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan dan minuman yang dibentuk pada tanggal 15 Oktober 2016.

C. Visi dan Misi Perusahaan

     1. Visi

  • Dengan berlandaskan Iman dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, restoran Fanytasya merupakan salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.

     2. Misi

  • Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki iman dan takwa yang kuat.
  • Memuaskan konsumen
  • Menjadi perusahaan yang terdepan dibidangnya.
  • Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
D. Struktur Organisasi


E.  Jenis Usaha yang Dikelola

RESTORAN FANYTASYA bergerak di bidang makanan dan minuman. Kami memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill  yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.

E.  Jenis Usaha yang Direncanakan

Kami sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang makanan dan minuman. Dengan jenis makanannya yaitu nasi goreng, ayam bakar, mie goreng, nasi uduk, dll. Kami yakin usaha ini akan berkembang dengan baik karena kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa restoran makanan serta dengan membuka restoran kami  kami sendiri.

II.      KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A.  Lingkungan Usaha

Di Batang jenis usaha di bidang makanan dan minuman  memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah tenaga kerja sekitar lebih dari 500 orang dan penduduk di Batang dan sekitarnya. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha restoran karena ditunjang dari banyaknya  peluang  dalam mengembagkan jenis usaha ini.

B.  Kondisi Pasar

Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk  yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.

C.  Rencana Pemasaran

Dengan usaha restoran Fanytasya yang sudah memiliki pelanggan tetap, maka kami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini sertya ikut dserta dalam suatu event-event (bazaar) yang diadakan dengan mendirikan stan

D.  Proses Produksi

Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
a)    Menyiapkan bahan yang akan digunakan
b)   Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan
c)    Memulai proses pengerjaan
d)   Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).

E.  Proses Pengerjaan

Dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari            : Senin – sabtu
Waktu         1. 03.00 – 06.00 WIB
                      2. 15.00 – 17.00 WIB

  F.  Analisis SWOT

Seiap kegiatan untuk memulai usaha yang akan dirintis untuk mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu SWOT :
1.       Strength (Kekuatan)
Kekuatan produk ini adalah :
  • Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
  • Satu produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
  • Bahan prodk yang terjamin dan higienis

2.       Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah :
  • Tidak dapat tahan lama
  • Produknya mudah di tiru

3.       Opportunity (Peluang)
Peluangnya adalah :
  • Tempat strategis
  • Fasilitas yang cukup memadai

4.       Threat (ancaman)
Aanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar