Nama Perusahaan : Restoran Fanytasya
Tanggal Berdiri : 15 Oktober 2016
Alamat Perusahaan : Ds. Botolambat Kec. Kandeman Kab. Batang 51252
Jenis Perusahaan : Perusahaan Makanan
Jumlah Karyawan : 45 Orang
Produk : Makanan dan Minuman
Email : fanyoctafiaindriani@gmail.com
B. Riwayat Perusahaan
Restoran Fanytasya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan dan minuman yang dibentuk pada tanggal 15 Oktober 2016.
C. Visi dan Misi Perusahaan
1. Visi
- Dengan berlandaskan Iman dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, restoran Fanytasya merupakan salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.
2. Misi
- Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki iman dan takwa yang kuat.
- Memuaskan konsumen
- Menjadi perusahaan yang terdepan dibidangnya.
- Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
D. Struktur Organisasi
E. Jenis
Usaha yang Dikelola
RESTORAN FANYTASYA bergerak di bidang makanan dan minuman. Kami memilih usaha di
bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan
skill yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk
megembangkan usaha ini.
E. Jenis
Usaha yang Direncanakan
Kami sepakat
untuk membuat suatu usaha di bidang makanan dan minuman.
Dengan jenis makanannya yaitu nasi goreng, ayam bakar, mie goreng, nasi uduk, dll. Kami yakin
usaha ini akan berkembang dengan baik karena kami sudah menjalin kerjasama
dengan beberapa restoran makanan serta dengan membuka restoran kami kami
sendiri.
II. KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
A. Lingkungan
Usaha
Di Batang jenis usaha di bidang makanan dan minuman memiliki peluang yang sangat
menjajikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi
dengan banyaknya jumlah tenaga kerja sekitar lebih dari 500 orang dan penduduk
di Batang dan sekitarnya. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha restoran karena ditunjang dari banyaknya peluang dalam
mengembagkan jenis usaha ini.
B. Kondisi
Pasar
Jika melihat
kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah
cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari
produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak,
ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan
higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan
laku dipasaran.
C. Rencana
Pemasaran
Dengan usaha restoran Fanytasya yang sudah memiliki pelanggan tetap, maka kami akan menambah
pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya,
sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini sertya
ikut dserta dalam suatu event-event (bazaar) yang diadakan dengan mendirikan
stan
D. Proses
Produksi
Dalam proses
produksi usaha ini diantaranya :
a) Menyiapkan
bahan yang akan digunakan
b) Mempersiapkan
peralatan yang akan digunakan
c) Memulai
proses pengerjaan
d) Membersihkan
hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).
E. Proses
Pengerjaan
Dalam melakukan
pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari : Senin – sabtu
Waktu : 1. 03.00 – 06.00 WIB
2. 15.00 – 17.00 WIB
F. Analisis SWOT
Seiap kegiatan untuk memulai usaha yang akan dirintis untuk
mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu SWOT :
1. Strength
(Kekuatan)
Kekuatan produk ini adalah :
- Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
- Satu produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
- Bahan prodk yang terjamin dan higienis
2. Weakness
(Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah :
- Tidak dapat tahan lama
- Produknya mudah di tiru
3. Opportunity
(Peluang)
Peluangnya adalah :
- Tempat strategis
- Fasilitas yang cukup memadai
4. Threat (ancaman)
Aanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak
terlalu mahal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar